Selasa, 22 Maret 2011

pengertian agama ALLAH SWT (islam)

Agama Islam adalah agama Allah yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw. sehingga untuk mengerti / memahami Islam haruslah bersandar kepada informasi dari Allah (Al Quran) dan Nabi Muhammad saw (Hadits). Hanya Sang Pembawa Risalah (Nabi) yang berwenang memberi pengertian tentang agama yang dibawanya. Penilaian seseorang terhadap sesuatu sangat tergantung kepada pengetahuan dan pemahaman orang tersebut kepada sesuatu yang dinilainya. Dalam Al Qur'an Allah berfirman: " wa ma utiitum minal 'ilmi illa qaliilaa " (dan tidaklah Aku memberikan ilmu kepada manusia kecuali sedikit), juga firmanNya yang lain: " innahu kaana dzaluuman jahuula " (sesungguhnya manusia itu sangat dzalim dan bodoh). Oleh karenanya, manusia itu perlu diberi petunjuk dan dibimbing. Allah memberi petunjuk melalui RasulNya, dan Rasul itulah yang memberi bimbingan kepada manusia berdasar wahyu Allah. Manusia diciptakan oleh Allah dan Allah pula yang mengurusnya, bahkan seluruh alam ini. Dengan demikian Islam adalah agama sejak adanya manusia dan syariatnya (aturannya) terus berkembang sesuai perkembangan zaman, hingga akhirnya Allah menyempurnakan agama Islam dengan syariat yang dibawa oleh RasulNya (Muhammad saw) sebagai penutup nabi dan Rasul sebelumnya dan tidak ada lagi nabi maupun Rasul yang diutus sesudahnya. Dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 3 Allah berfirman: "Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmatKu atasmu dan telah kuridhoi Islam menjadi agamamu". Itulah Agama Allah yakni Islam, agama yang sempurna, yang tidak ada keraguan atasnya. dan barangsiapa yang beragama selain agama Islam maka tidak akan diterima oleh Allah karena agama tersebut bukan Agama Allah.

Agama Islam

Dikit mau aku tambahin keterangannya pak waluyo
Singkat aja.
Agama Islam adalah agama yang diturunkan Allah Kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, Kata Islam mempunyai banyak arti diantaranya kedamaian ataupun keselamatan.
Ajaran agama Islam senantiasa disandarkan pada 2 sumber utama yaitu Al Qur'an dan AL Hadits. sedang sumber hukum yang lain (Ijma, Qiyas, masali mursalah dan seterusnya.......) merupakan sumber hukum yang menjadi pedoman setelah Al Qur'an dan Al Hadis, sumber-sumber tersebut di gunakan apabila tidak ditemukan adanya ketetapan hukum dalam Al-Qur'an dan Al Hadits, seperti ketetapan besarnya bagian ahli waris yang tidak di tetapkan dalam alQur'an dan Al Hadits.
Islam merupakan agama penyempurna bagi agama-agama sebelumnya yang di bawa oleh nabi-nabi sebelum Muhammad. (Al-Maidah ayat 3)
Jikalau anda ingin mencari referensi carilah buku-buku tentang Islam utamanya tentang ketauhidan.

Pemahaman Secara Historis

Dalam memahami sebuah agama maka kita harus juga mengetahui bagaimana historis sejarahnya secara lebih mendalam dan luas. Dalam ajaran Islam menyebutkan adanya keterkaitan antara Islam dan agama Yahudi bahkan mengatakan bahwasanya Allah Nabi Ibrahim adalah Allah dalan ajaran Islam. Nabi Ibrahim merupakan bapak daripada ajaran Yahudi karena anak Ibrahim mempunyai anak bernama Ishak yang kemudian mempunyai anak bernama Yakub yang kemudian menjadi Bapak 12 suku bangsa yang dikenal dengan Yahudi saat ini.
Dalam Al Quran dan Hadits juga selalu menceritakan bangsa Yahudi melalui pengalaman Nabi Musa dengan Allah nya yaitu Jehovah. Jadi seharusnya Allah Yahudi adalah sama dengan Allah Islam.
Lebih jauh lagi Nabi Muhammad juga sebelum menjadi Nabi menikah dahulu dengan istrinya yang pertama Khadijah yang diyakini sebagai penganut ajaran monotheisme Kristen. Nabi Muhammad hanya mempunyai istri Khadijah selama 20 tahun sebelum menerima Kerasulannya dan baru setelah Khadijah meninggal maka mulai dikenal Poligami. Khadijah sangat berperan besar dalam memberikan pengetahuan ajaran monotheisme kepada Nabi Muhammad.
Banyak hal yang bersifat kontekstual yang harus dipelajari lebih dalam mengenai Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar